Kamis, 20 Juni 2019

6 Varian Berbagai Macam Martabak Manis

Beltrakuten - Untuk menghadapi persaingan usaha, penjual seringkali menciptakan inovasi untuk produk yang dijualnya. Termasuk juga penjual martabak manis. Berbagai macam martabak manis dibuat untuk menghadirkan varian yang beragam. 

Kalau dulu hanya ditemui martabak manis dengan warna kuning kecoklatan dengan rasa original dan topping yang itu-itu saja, kini sudah banyak ditemukan martabak manis dengan berbagai rasa dengan warna-warna yang memanjakan mata. Siapapun yang melihatnya pasti tidak akan tahan untuk melahap makanan manis khas Bangka ini.

Martabak manis, atau sering juga disebut dengan terang bulan, menjadi salah satu kuliner yang paling banyak dijual di pinggir-pinggir jalan. Namun kini, makanan manis ini tidak hanya menjadi jajanan pinggir jalan, tapi juga sudah menjadi makanan yang masuk ke cafe-cafe dan restoran mewah. Hal ini tentu saja menjadi bukti kalau martabak manis merupakan makanan yang digemari oleh semua orang.

Demi memenuhi selera banyak orang, martabak manis terus mengalami inovasi dari sang pembuatnya. Berbagai rasa ditambahkan agar semakin banyak pilihan. Nah, untuk kamu kamu yang ingin tahu berbagai macam martabak manis yang bisa kamu pilih, berikut kami berikan ulasannya. 


1. Vanila

Yang pertama, ada martabak manis dengan varian rasa vanilla. Para pecinta vanilla harus mencoba varian rasa ini. Martabak manis rasa vanila memiliki warna martabak manis pada umumnya, yaitu kuning kecoklatan.

Rahasia pembuatan martabak manis dengan varian rasa vanila adalah dengan menambahkan ½ sendok teh vanili ke dalam adonan martabak yang masih kering atau masih berupa bubuk dan belum ditambah air. Kamu yang ingin mencoba membuat sendiri di rumah, bisa banget karena mudah sekali dilakukan.

2. Green tea

Yang kedua, ada rasa green tea atau rasa teh hijau atau rasa matcha. Varian rasa ini pernah menjadi begitu populer di masyarakat dan tidak sedikit pula yang menggemarinya. Maka dibuatlah inovasi martabak manis dengan rasa green tea. Martabak manis dengan varian rasa ini memiliki warna hijau di bagian tengahnya.

Rasa green tea yang ada pada martabak didapatkan dari campuran 1 sendok makan matcha powder pada adonan martabak yang belum dicampur air. Campuran matcha powder ini jugalah yang menciptakan warna hijau pada martabak. 

3. Red velvet

Yang ketiga ada varian red velvet. Martabak manis dengan varian ini memiliki warna yang sedikit mencolok, yaitu warna merah. Warna ini didapatkan dari mencampurkan dua tetes pewarna cabai pada adonan martabak yang sudah jadi.

4. Black sweet 

Black sweet merupakan varian berbagai macam martabak manis dengan sentuhan inovasi yang selanjutnya. Meskipun memiliki warna hitam, rasa yang dihasilkan ketika martabak manis ini masuk ke mulutmu tidak kalah dengan varian yang lainnya. Masih sama enaknya. 

Warna hitam pada martabak dihasilkan dari tambahan 25 gram tepung ketan hitam dan ½ sendok makan kopi bubuk. Rasanya dijamin beda daripada yang lainnya. 

5. Taro 

Varian martabak dengan rasa taro memiliki warna ungu yang sangat cantik. Warna ini berasal dari tambahan 2 sendok makan taro powder ke dalam adonan martabak yang masih kering. Bahan tambahan ini pulalah yang memberikan adanya sensasi rasa taro di setiap gigitan martabak yang kamu makan. 

6. Pandan 

Warna hijau pada martabak manis tidak hanya menunjukkan rasa green tea saja, tapi warna hijau juga bisa berarti rasa pandan. Resep rahasianya ada pada penambahan dua tetes pasta pandan pada adonan martabak yang sudah jadi. 

Nah, itulah enam varian berbagai macam martabak manis dengan sedikit sentuhan inovasi agar lebih kekinian. Kamu sudah coba varian yang mana?

0 komentar:

Posting Komentar