Selasa, 05 Februari 2019

Jenis-Jenis Kabel Data dan Cara Mengetahui Kabel Data Sudah Fast Charging atau Belum

Beltrakuten - Kabel data atau sering juga disebut kabel USB ini sepertinya tidak pernah absen dari aktivitas harian kita. Entah untuk menghubungkan perangkat smartphone dengan powerbank, charger atau untuk memindah data, kegunaan kabel ini sangatlah memudahkan. Bahkan kini banyak sekali jenis kabel data USB yang dijual di pasaran. 

Adanya banyak jenis kabel ini tentu saja memudahkan, apa lagi kabel ini termasuk kabel yang paling sering digunakan untuk kebutuhan perangkat elektronik. Lebih dari itu, desain standar dari kabel data ini juga kompatibel dengan berbagai perangkat, seperti keyboard, printer, mouse, scanner dan pastinya smartphone.

kabel data

Jenis-Jenis Kabel Data 


Berikut adalah jenis-jenis kabel data USB yang perlu kamu ketahui. 

1. Kabel USB 1.1 

Sesuai dengan penamaannya, kabel jenis ini memang merupakan kabel data versi terlama. Jenis kabel ini dirilis pada tahun 1988 lalu dan dibekali kecepatan transfer data sampai 12 Mbps. 

2. Kabel USB 2.0 

Kabel jenis ini dirilis pada tahun 2000 lalu dan dilengkapi dengan kecepatan transfer file sampai 480 Mbps dan juga dilengkapi dengan fitur Hi-Speed Mode. Meski sudah lebih baik dibandingkan versi sebelumnya, kini kabel data 2.0 juga sudah digeser dengan kabel-kabel versi terbaru lainnya.

3. Kabel USB 3.0 

Belum terlalu lama, kabel USB versi 3.0 ini baru dirilis tahun 2008 lalu. Menjadi generasi terbaru, kabel jenis ini sudah memiliki kecepatan yang mumpuni. Yakni mencapai 5 Gbps (mode SuperSpeed). Karakter dari kabel jenis ini ialah adanya konektor dan socket berwarna biru.

4. Kabel USB 3.1 

Kabel USB 3.1 ini menjadi kabel data yang saat ini paling banyak dicari. Bukan tanpa alasan, sebab kabel yang dirilis pada tahun 2003 ini memang merupakan versi terbaru dari seluruh rangkaian jenis kabel-kabel yang sudah dijelaskan di atas. Kabel USB 3.1 ini mempunyai kecepatan 2 kali lipat lebih tinggi dibandingkan versi sebelumnya.

Dikarenakan memiliki kecepatan yang tinggi, tidak heran jika kabel USB 3.1 ini disebut sebagai USB SuperSpeed+. Dimana kabel versi ini juga sudah bisa disandingkan dengan USB fast charging Thunderbolt besutan Apple.

Setelah mengenal jenis-jenis kabel USB, lantas bagaimana caranya agar kamu tahu bahwa kabel yang kamu miliki sudah mendukung aktivitas fast charging?  

Memang sebaiknya sekarang ini kamu memilih kabel data yang menunjang fitur fast charging. Hal ini mengacu pada frekuensi penggunaan smartphone yang cukup tinggi sehingga akan tidak efektif apabila kamu masih mengandalkan kabel data yang biasa.  

Apa lagi menggunakan smartphone dalam kondisi charging juga akan membuat baterai smartphone rentan rusak. Hal yang demikian bisa diminimalisir jika kabel data yang digunakan sudah dilengkapi fitur fast charging. 

Memang fitur ini dipengaruhi oleh kepala charger yang mempunyai ampere besar. Namun selain itu kualitas kabel yang digunakan juga sangat mempengaruhi kemampuannya dalam menghantarkan daya listrik ke baterai smartphone. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui apakah kabel data yang dipilih sudah mengusung fitur fast charging atau belum. 

  • Hubungkan kabel dengan smartphone 
  • Buka pengaturan, lalu pilih menu baterai 
  • Selanjutnya lihat Detail Riwayat, dan umumnya akan muncul tulisan “Mengisi Daya Lewat USB” 
  • Apabila kabel data yang tidak menunjang fast charging akan muncul tulisan “Isi daya lewat USB” 
  • Sedangkan jika kabel data support fast charging akan muncul tulisan “Mengisi daya pada AC”. 

Demikianlah ulasan tentang jenis-jenis kabel data USB beserta cara mengetahui apakah kabel data yang kamu memiliki sudah dilengkapi fitur fast charging atau belum. Pastikan kamu selektif memilih kabel USB ya, dengan begitu proses transfer file atau charging bisa dilakukan dengan mudah.

0 komentar:

Posting Komentar