Minggu, 10 Februari 2019

7 Tips Membuat Gambar Ilustrasi Bagi Pemula

Beltrakuten - Ilustrasi diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Baik untuk kepentingan pendidikan, bisnis dan lainnya. Sayangnya tidak semua orang mahir membuat gambar ilustrasi ini. Sehingga jasa ilustrator banyak dicari. Padahal jika mau, kamu pun sebenarnya bisa berlatih membuatnya. Hanya saja dibutuhkan ketlatenan dan ketelitian untuk bisa menghasilkan gambar yang bagus. 

Lantas apa saja sih yang bisa kamu lakukan untuk membuat gambar ilustrasi yang bagus? Berikut tips lengkapnya. 

ilustrasi

1. Mulai berlatih 

Mempelajari suatu ketrampilan apapun dibutuhkan jam latihan yang tinggi. Oleh karena itu mulailah mendisiplinkan diri untuk berlatih membuat gambar. Tidak masalah jika gambar pertama kamu hasilnya masih biasa saja. Seiring dengan seringnya latihan, lambat laun kamu pun akan terbiasa dan mulai memahami tekniknya.  

Lagi pula saat ini sudah ada Youtube dan search engine yang dapat kamu akses. Di sana kamu bisa mendapatkan berbagai pengetahuan dasar seputar ilustrasi yang dapat dipelajari. Banyak pula tutorial menggambar yang dapat dimanfaatkan. Meski belajar secara otodidak, usahakan untuk tegas pada diri sendiri ya! Jangan malas latihan agar kemampuan menggambar kamu semakin meningkat.  

2. Ikut kursus 

Jika memang ada kursus ilustrasi yang dibuka, tak ada salahnya jika kamu ikut kursus tersebut. Dengan ikut kursus, kamu akan belajar teknik menggambar yang tepat. Para tutor dan guru akan memberikan tips dan trik untuk menghasilkan karya yang bagus.  

3. Belajar dari orang Lain 

Rajin-rajinlah melihat karya ilustrator favorit kamu. Meski belum bisa bertemu langsung, setidaknya kamu bisa belajar dari karya-karya yang ia hasilkan. Dengan begitu kamu akan terbiasa melihat karya yang bagus dan bisa jadi ini dapat menginspirasi kamu untuk menghasilkan karya yang kece. 

4. Bikin tantangan 

Cobalah untuk menantang diri sendiri, misalnya dengan ikut lomba atau challenge lainnya. Misalnya kamu menantang diri sendiri untuk terus berkreasi selama 30 hari secara berturut-turut. Jadi setiap hari kamu membuat satu karya selama satu bulan tanpa henti. Dengan begitu kamu pun akan semakin mahir dalam menghasilkan karya.  

5. Unggah Karya ke Media Sosial 

Gambar ilustrasi yang sudah kamu buat ini bisa diunggah ke media sosial. Nantinya akan ada warganet yang ikut menilai karyamu ini. Tidak perlu baper sekalipun ada netizen yang berkomentar buruk terhadap karyamu. Anggap saja kritikan mereka itu sebagai pendorong agar kamu bisa menghasilkan karya yang lebih baik lagi.  

6. Pantau perkembangan 

Jangan lupa untuk selalu memeriksa sebaik apa perkembangan karya yang kamu hasilkan. Ini menjadi bagian dari evaluasi terhadap ketrampilan yang tengah kamu pelajari. Jika kamu sudah menekuninya cukup lama, pasti akan ada perkembangan yang lebih baik.  

Dimana karya-karya yang kamu hasilkan sudah jauh lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya. Walau begitu, jangan mudah berpuas diri. Teruslah berkarya untuk menghasilkan gambar yang lebih baik lagi.  

7. Coba peruntungan 

Cara untuk menilai kualitas karya gambar yang dihasilkan bisa juga dengan mencoba untuk melamar lowongan pekerjaan. Banyak perusahaan yang membutuhkan ilustrator. Kamu bisa coba kirimkan hasil karyamu ini. Jika karyamu bagus, bukan tidak mungkin akan ada perusahaan yang menerima kamu sebagai ilustratornya. 

Ada banyak hal yang bisa dilakukan jika kamu memang berminat menjadi seorang ilustrator. Intinya, jangan mudah menyerah. Meski harus belajar dari nol, selama kamu tekun dan memiliki tekad yang kuat, maka menjadi ilustrator handal bukanlah sesuatu yang sulit untuk dicapai.

0 komentar:

Posting Komentar