Senin, 25 Februari 2019

5 Resep Mp ASI dari Labu yang dapat Dibuat Oleh Anda di Rumah

Beltrakuten - Bagi Anda yang mempunyai seorang bayi, asupan yang dapat diberikan kepada bayi tersebut selain ASI adalah makanan pendampingnya. Makanan ini biasanya berbetuk bubur yang dapat dimasak sendiri maupun dibeli di pasar swalayan. Namun Anda juga dapat memasak sendiri makanan pendamping ASI tersebut dengan bahan labu. Berikut resep mp asi dari labu. 


1. Bubur Labu Kuning 

Resep pertama yang dapat dibuat adalah bubur dengan menggunakan bahan labu kuning. Bahan yang digunakan antara lain 100 gram labu kuning, 300 ml kaldu ayam, 100 gram bayam hijau dan 50 gram tahu putih. Dengan bahan-bahan tersebut pastinya buah hati Anda akan terbantu dalam tumbuh kembangnya. 

Sebelum Anda membuatnya, pastikan untuk memcuci bayam yang sudah disiapkan sampai benar-benar bersih. Kemudia tiriskan dan iris-iris bayam tersebut. Langkah selanjutnya adalah memotong tahu putih yang telah disediakan. Jangan sampai lupa untuk membersihkan labu kuning sebagai bahan utamnya. 

Bila semuanya sudah siap, maka Anda dapat merebus labu kuning bersama dengan baya dengan menggunakan air kaldu, tunggu sampai benar-benar matang. Kemudian tambahkan potongan tahu, lalu masak lagi hingga kaldunya mendidih. 

Jika kaldu tersebut telah mendidik, Anda dapat mengangkatnya kemudian tiriskan semua bahan-bahan tersebut. Langkah yang terakhir adalah dengan menghaluskan bahan-bahan tersebut menggunakan blender. Bubur bayam akhirnya siap untuk disantap buah hati. 

2. Puree Labu Kuning 

Bila Anda ingin membuat puree ini untuk buah hati Anda, bahan yang digunakan juga mudah yakni 50 gram labu kuning dan ASI atau susu formula. Cara untuk memasknya adalah dengan merebus potongan labu kuning hingga benar-benar matang. Kemudian saring hingga lembut. Langkah selanjutnya adalah dengan penambahan ASI atau susu formula. 

3. Puree Labu Kuning yang Dicampur dengan Tempe dan Daging 

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat puree ini antara lain 50 gram labu kuning, 20 gram tempe, 30 gram daging ayam, 1 sendok teh keju parut dan juga ASI secukupnya. Langkah pertama yang dailakukan jika Anda ingin membuat puree ini adalah cuci labu hingga bersih yang dilanjutkan dengan memotonya dalam bentuk dadu. 

Anda juga harus membersihkan ayam yang telah dibuang lemaknya, kemudian juga dipotong dalam bentuk dadu. Setelah selesai potong tempe yang telah disediakan. Daging ayam yang telah bersih selanjutnya direbus setengah matang yang kemudian ditambah dengan tempe dan labu kuning. 

Setelah semuanya matang, barulah Anda menambahkan susu dan keju. Blender sampai halus, kemudian mp asi ini dapat dinikmati oleh buah hati Anda. Buah hati Anda akan sangat senang dengan makanan ini karena terdapat aneka macam isi yang terkandung walaupun telah dihaluskan. 

4. Puree Apel dan Labu 

Bila Anda para ibu menginginkan puree dengn tambahan buah segara, Anda dapat mencoba untuk memasak puree apel dan labu. Bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah labu, apel yang telah dikupas kulitnya dan dibuang bijinya, air dan sejumput bubuk kayu manis dan pala. 

Langkah pertama dalam pembuatnnya adalah dengan memotong labu menjadi dua dan kupas serta buang bijinya. Kemudian potong labu tersebut menjuadi bentuk dadu. Kemudian kukus labu dan apel yang telah dipotong hingga matang dan lembut. Haluskan bahan tersebut dengan tambahan kayu manis dan pala. Puree siap disajiakan untuk buah hati Anda. 

5. Puree Labu dan Pisang 

Buah lain yang juga dapat ditambahkan untuk Anda dalam membuat puree adalah pisang. Bahan yang digunakan antara pisang, labu, dan air. Cara pembuatannya cukup sama yakni dengan merebus labu yang telah dipotong dadu hingga matang. Kemudian haluskan bersama dengan pisang. Dapat juga ditambahkan dengan susu. 

Membuat puree memang mudah dengan bahan yang dapat ditemukan di pasaran. Dengan membuat puree atau mp asi sendiri di rumah, maka Anda telah dapat untuk menjaga kebersihan dan kehigienisan puree untuk buah hati Anda. Buah hati yang Anda miliki tentunya akan tumbuh dan berkembang dengan baik dengan rutin menyantap puree tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar