Rabu, 30 Januari 2019

Daun Ketumbar Bisa Dijadikan Masker Wajah, Ini Manfaatnya!

Beltrakuten - Mungkin selama ini Anda hanya mengenal ketumbar untuk bahan masakan saja. Biasanya, yang paling banyak digunakan adalah buah ketumbarnya. Namun, siapa sangka bahwa daun ketumbar juga bisa Anda gunakan untuk masker wajah. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari masker daun ketumbar ini. Apa saja? 

masker wajah

1. Manfaat Antiaging 

Salah satu manfaat dari menggunakan masker daun ketumbar yang bisa Anda dapatkan adalah mencegah terjadinya penuaan dini. Daun ketumbar kaya akan antioksidan seperti Vitamin A dan Vitamin C yang berguna untuk mencegah terjadinya sel kulit dan melawan radikal bebas. Dengan begitu, tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan bisa diatasi. 

2. Mencerahkan Bibir yang Gelap 

Penggunaan masker dari daun ketumbar juga bisa dilakukan pada bibir. Hanya saja, Anda perlu mengoleskannya secara tipis saja. Daun ketumbar ini akan mengurangi pigmentasi yang terjadi pada bibir Anda sehingga warnanya bisa lebih cerah. Kalau Anda ingin yang instan, Anda bisa meminum jus daun ketumbar saja. Bibir Anda akan jadi merah muda karenanya. 

3. Mencegah Timbulnya Jerawat 

Daun ketumbar yang dibuat menjadi masker juga bisa digunakan untuk mengusir bakteri penyebab terjadinya jerawat. Sebab, di dalam daun ketumbar, ada kandungan antibakteri yang bisa menyingkirkan bakteri yang menyumbat pori-pori. Namun, untuk hasil yang maksimal, ketika membuat masker wajah, Anda harus menambahkan beberapa bahan lain. 

Bahan tersebut seperti tomar segar dan perasan jeruk lemon. Campuran bahan-bahan ini akan mengusir bakteri yang menutupi pori-pori wajah Anda yang menyebabkan terjadinya jerawat dan mencegahnya kembali lagi. 

4. Detoksinasi Kulit Wajah 

Tak hanya itu, daun ketumbar juga bisa Anda manfaatkan untuk mendetoksinasi kulit wajah Anda. Udara yang kotor, makanan dan minuman sembarang yang masuk hingga kosmetik yang biasa Anda gunakan bisa berubah menjadi racun dalam tubuh Anda. Hal inilah yang bisa membuat berbagai masalah kulit wajah menimpa yang salah satunya adalah jerawat. 

Selain digunakan sebagai masker, Anda bisa memanfaatkan daun ketumbar dengan cara mengonsumsi langsung. Proses detoksinasi yang dilakukan dengan cara dikonsumsi langsung sekaligus dari luar melalui masker ini akan jadi lebih maksimal dan lebih cepat terlihat hasilnya. 

5. Mencegah Infeksi 

Tak hanya itu saja, penggunaan daun ketumbar untuk perawatan wajah juga berguna untuk mencegah terjadinya infeksi pada wajah akibat peradangan jerawat. Bukan tak mungkin Anda tak sadar kalau sudah menggaruk jerawat yang tumbuh di permukaan kulit, kan? Kadangkala, bisa saja Anda juga sengaja memencetnya karena gemas dan lain hal, kan? 

Kegiatan seperti inilah yang bisa mengundang datangnya infeksi. Untuk mengatasi infeksi akibat kegiatan ini, Anda bisa menggunakan masker daun ketumbar di bagian yang meradang. Kalau mau, Anda juga bisa menggunakannya ke seluruh bagian wajah untuk hasil yang lebih baik. 

6. Meredakan Nyeri Akibat Jerawat 

Selain membuat penampilan wajah tak maksimal, jerawat juga bisa membuat rasa nyeri wajah Anda. Penggunaan masker dari daun ketumbar bisa Anda manfaatkan untuk memberikan rasa dingin dan menenangkan nyeri tersebut. Sebab, daun ketumbar memiliki sifat antiinflamasi yang bisa membuat kulit wajah Anda lebih tenang dan nyaman. 

Itulah segudang manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan masker wajah dari daun ketumbar. Hanya saja, daun ketumbar agak sulit didapat. Tapi tenang, Anda bisa menggunakan Pollutant Purifying Masque dari Kiehls yang mengandung ekstrak daun ketumbar yang bisa melindungi wajah dari bahaya jerawat dan pengaruh buruk lingkungan.

0 komentar:

Posting Komentar