Minggu, 23 Desember 2018

Ini Cara Penyimpanan Jaket Gunung yang Tepat

Beltrakuten - Jaket gunung atau jaket outdoor merupakan salah satu jenis jaket yang wajib dimiliki para pecinta kegiatan outdoor termasuk mendaki gunung. Jaket outdoor memiliki fungsi penting untuk melindungi tubuh anda selama anda melakukan kegiatan outdoor. Apalagi jika anda ingin mendaki gunung, jaket ini wajib untuk anda miliki.

Demi keamanan dan kenyamanan anda selama beraktivitas outdoor, sangat disarankan untuk memakai jaket yang sesuai. Jenis jaket yang satu ini memang sudah didesain untuk menjaga tubuh anda ketika melakukan kegiatan di luar ruangan termasuk di alam bebas seperti naik gunung. Jaket akan membuat tubuh terlindungi dari panas, dingin, dan gangguan lainnya.

Jenis jaket outdoor memang berbeda dari jaket lain yang biasa digunakan sehari-hari. Oleh karena itu, anda juga harus merawatnya dengan cara yang berbeda pula. Anda harus merawat jaket outdoor ini dengan cara yang tepat supaya jaket bisa awet digunakan. 

jaket gunung

Menyimpan Jaket Gunung

Perawatan jaket dimulai dengan membersihkan jaket. Selanjutnya setelah jaket selesai dibersihkan maka anda bisa menyimpannya jika jaket memang tidak ingin dipakai kembali dalam waktu dekat. Cara penyimpanan jaket pun harus diperhatikan. Jangan sampai anda merusak jaket karena menyimpannya dengan salah.

Penyimpanan jaket gunung juga berpengaruh pada kualitas jaket itu sendiri. Seringkali, kita meremehkan prosedur penyimpanan jaket dan menyimpan jaket secara asal-asalan. Jangan sampai anda melakukan hal tersebut dan lebih baik ikuti tips penyimpanan yang benar berikut ini :

1. Simpan di Lemari yang Kering

Simpanlah jaket anda di lemari yang benar-benar dalam kondisi kering. Pastikan lemari anda tidak lembab apalagi basah. Kalau jaket disimpan dalam suasana basah atau lembab maka bisa jadi akan muncul jamur. Kalau perlu letakkan silica gel untuk mengendalikan dan menjaga agar kondisi di dalam lemari tidak menjadi terlalu lembab.

2. Simpan dalam Posisi Tergantung

Sangat disarankan untuk menyimpan jaket dalam posisi tergantuung menggunakan hanger. Hindari menyimpan jaket dalam posisi terlipat karena bisa merusak kualitas dan tekstur bahan jaket tersebut. Jika anda menyimpannya dalam posisi tergantung maka jaket tetap akan rapi dan tidak terlipat-lipat.

3. Pastikan Jaket Benar-Benar Kering dan Bersih

Sebelum meletakkan jaket di tempat penyimpanannya, lebih baik dipastikan dulu apakah jaket memang benar-benar sudah kering dan bersih atau belum. Jangan menyimpan jaket jika masih belum benar-benar kering. Apalagi kalau masih ada kotoran yang menempel di jaket anda, lebih baik bersihkan dulu sampai tuntas.

4. Jangan Simpan di Tempat Terbuka

Jangan menyimpan jaket di ruangan yang terbuka. Lebih baik jaket dimasukkan ke lemari dan ditutup rapat. Membiarkan jaket tergantung secara terbuka akan membuat jaket lebih mudah dihinggapi debu dan warnanya pun juga jadi tidak terang seperti biasanya. Siapkan tempat atau lemari khusus untuk menyimpan jaket outdoor dan jenis pakaian lainnya.

5. Hindari Terkena Sinar Matahari Langsung

Setelah anda mencuci jaket, tentu anda akan menjemurnya terlebih dahulu. Sangat disarankan untuk tidak menjemur jaket di bawah sinar matahari langsung apalagi saat matahari sedang panas-panasnya. Lebih baik gantungkan jaket anda di tempat yang teduh dan biarkan kering dengan sendirinya sambil diangin-anginkan.

Itulah tadi beberapa tips penyimpanan jaket gunung yang bisa anda lakukan. Jangan hanya bisa membersihkan saja tapi anda juga harus pandai menyimpan jaket dengan cara yang tepat. Cara penyimpanan yang tepat akan menambah panjang usia pakai jaket tersebut sehingga anda bisa memakainya untuk jangka waktu yang lama.

0 komentar:

Posting Komentar