Selasa, 08 Mei 2018

Apa Itu P2P Lending?

foto : lendenclub.com

Beltrakuten - Kebutuhan akan investasi yang tak ada habisnya membuat para pelaku ekonomi berusaha untuk berinovasi. Salah satunya adalah dengan membuat platform investasi secara online yang kian digemari. Jika dulu kebanyakan orang pergi ke bank untuk menaruh uangnya di deposito atau obligasi, kini cukup dengan menggunakan smartphone para investor bisa menanamkan uangnya untuk bertumbuh sesuai dengan return yang ditawarkan. Salah satu skema investasi yang belakangan banyak diminati oleh para investor adalah p2p lending atau peer to peer lending. Skema p2p lending seperti mekar banyak diminati oleh investor karena return yang dijanjikan cukup besar dibandingkan skema investasi lainnya. Lalu, apa itu p2p lending? 

Peer to peer lending adalah sebuah wadah yang bertujuan untuk mempertemukan orang yang membutuhkan dana dengan orang yang memiliki dana. Secara konsep sebetulnya mirip dengan bank, namun perbedaannya pada platform p2p lending, para investor dapat menentukan sendiri debitur mana yang akan mereka pinjamkan uang. Di sisi lain, pihak debitur pun dapat mengajukan pinjaman sesuai dengan persentase bunga yang disesuaikan dengan kemampuan mereka. Dengan kata lain, skema peer to peer merupakan biro jodoh antara debitur dan kreditur secara online. 

Lalu, apakah skema investasi p2p lending legal di Indonesia? Skema p2p lending legal karena tidak menyalahi aturan apapun dalam kaidah investasi dan bukan merupakan money game seperti skema Ponzi. Beberapa platform p2p lending, seperti mekar misalnya, telah terdaftar di OJK dan diawasi oleh lembaga pengawas jasa keuangan tersebut. Karena telah diawasi oleh lembaga dengan otoritas tertinggi di Indonesia, maka para investor tidak perlu ragu untuk menanamkan modalnya pada skema peer to peer lending yang saat ini dianggap sebagai skema investasi jangka pendek terbaik

Selain untuk mendulang keuntungan, skema p2p lending juga memiliki manfaat lainnya yakni dapat mempengaruhi perekonomian secara makro. Ya, kebanyakan calon debitur yang mengajukan pinjaman melalui platform p2p lending bertujuan untuk mengembangkan bisnis yang mereka dirikan. Dengan meminjamkan uang kepada para pelaku usaha, Anda secara tidak langsung telah berperan serta secara aktif dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar