Senin, 16 April 2018

APRIL Pulp Lakukan Pendekatan Bentang Alam untuk Lindungi Hutan Gambut

Source : inside-rge.com

Beltrakuten - Salah satu kota yang berada di provinsi Riau bernama Semananjung Kampar dikatakan sebagai salah satu ekosistem rawa gambut terluas di Sumatra yang menghadapi tantangan degradasi lingkungan akibat pembakaran, pembalakan liar (illegal logging), dan sistem drainase yang berlebihan. Direktur Konservasi Grup APRIL bernama Dr. Petrus Gunarso mengatakan bahwa saat kunjungan dia terakhir kali ke Semenanjung Kampar, dia melihat keanekaragaman hayati yang kaya secara efektif dilindungi dan dipulihkan di lokasi Restorasi Ekosistem Riau (RER). Tetapi hal tersebut dikatakan tidak selalu seperti demikian. 

Hingga pada tahun 2013, tebang pilih telah merusak kawasan hutan Semenanjung Kampar dan ekosistem yang rapuh juga terancam oleh perambahan ilegal dan kebakaran. Oleh karena itu, di bawah ijin ekorestorasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan April grup bekerja sama dengan mitra mereka. Hal tersebut dilakukan bertujuan untuk melindungi, menilai, memulihkan, lalu kemudian mengelola bentang alam serta bekerja sama dengan masyarakat setempat. Motivasi dibalik program ini adalah terdapat motivasi lingkungan dan komersial yaitu dengan tindakan tepat untuk bentang alam Kampar yang mana terdapat faedah jangka panjang untuk melindungi kubah gambut Kampar.  

Restorasi Ekosistem Riau (RER) sendiri adalah sebuah program jangka panjang dengan tujuan memulihkan lanskap lahan gambut yang penting secara ekologis di Semenanjung Kampar di Provinsi Riau, Indonesia. Sejak tahun 2013, program telah berkembang dari 20.000 hektar menjadi 150.000 hektar. RER juga memberikan kontribusi pada upaya keberlanjutan dengan mendiversifikasi pasar kerja lokal, memberikan alternatif pada pertanian melalui ekosistem usaha kecil yang tumbuh di sekitar program. Dampak positif dari program tersebut adalah dapat membantu untuk mengatasi deforestasi, sedangkan jasa lingkungan itu memberikan manfaat air, oksigen dan kekayaan satwa liar. Dalam hal ini ada empat tahap model pemulihan yang dilakukan oleh RER, yaitu: melindungi, menilai, memperbaiki, dan mengelola. 

APRIL Grup percaya terdapat manfaat bisnis yang kuat untuk konservasi lahan gambut dan restorasi sebagai bagian dari model kehutanan yang berkelanjutan. Dari bagianlanskap yang ada, mereka menyesuaikan dengan kondisi bentang alam daripada mengharapkan lanskap agar sesuai di sekitar bisnisnya. Yang mana dalam hal ini, mereka perlu untuk berkolaborasi dengan semua pihak dalam bentang alam dan mengakomodasi semua kepentingan. 

Oleh karena itu, RER menitikberatkan kepada kolaborasi dan pendekatan bentang alam yang mengakomodir di berbagai perspektif untuk mencapai keseimbangan antara banyak tujuan mulai dari lingkungan hingga masyarakat sampai ke ekonomi. Dari pendekatan ini diharapkan keberlanjutan kehutanan jangka panjang di Indonesia. Selain itu, Petrus mengatakan bahwa ia percaya RER memberi dampak positif bagi masyarakat, negara, dan perusahaan. Hal tersebut juga diakui oleh mitra mereka, yang mana mereka mengakui bahwa RER adalah contoh yang baik atas kolaborasi organisasi sektor publik dan swasta yang bekerja menuju kemitraan dan visi yang kuat. Dan berikut pendekatan bentang alam dilakukan APRIL Pulp untuk melindungi hutan gambut.

0 komentar:

Posting Komentar