Rabu, 31 Januari 2018

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Dengan Mudah

Beltrakuten - Kembung terjadi ketika kadar gas atau udara berlebihan di dalam perut. Anda tentu merasakan tidak nyaman jika mengalami perut kembung. Bayangkan saja jika hal itu terjadi pada bayi, dia akan rewel dan menangis tanpa sebab lalu perutnya terasa agak keras serta sering buang angin. Berikut ini cara mengatasi perut kembung pada bayi yang bisa Anda terapkan dengan mudah.


Apa yang Menyebabkan Terjadinya Perut Kembung pada Bayi?


Sebelum mengetahui cara mengatasi perut kembung pada bayi Anda, ada baiknya terlebih dahulu mengetahui apa yang menyebabkan terjadinya perut kembung pada bayi. Beberapa penyebabnya adalah sistem perncernaan yang belum sempurna sehingga menjadi rentan, atau sensitif pada makanan tertentu seperti makanan berminyak.

Camilan dengan kandungan tepung tinggi dan makanan yang mengandung banyak garam atau sodium. Bisa juga karena tidak cocok dengan susu formulanya dan menangis terlalu lama menyebabkan udara masuk ke dalam mulut. Bahkan teknik menyusui yang salah juga dapat menyebabkan kembung pada bayi Anda.

Selain itu, penggunaan popok yang terlalu lama mengakibatkan kelembapan meningkat sehingga angin mudah masuk, ketika bepergian terlalu jauh tidak mengenakan jaket, terlalu lama dibiarkan bermain di lantai tanpa alas, dan penyebab perut kembung juga salah satunya karena bayi telalu lama bermain air.

Bagaimana Cara Mencegah Perut Kembung pada Bayi?


1. Menyusui Bayi Anda dengan Cara yang Benar

Cara menyusui bayi yang benar ialah dengan posisi puting susu sepenuhnya masuk ke dalam mulut bayi sehingga bayi dapat mengisap susu dengan maksimal tanpa adanya udara yang tertelan. Kemudian posisikan kepala bayi Anda lebih tinggi dari perutnya sehingga ASI dapat turun ke bawah dan udara bisa keluar dengan sendawa.


2. Hentikan Pemberian Susu Formula 

Anda harus menghentikan pemberian susu formula tersebut karena asupan susu formula yang mengandung banyak lemak terkadang membuat bayi Anda sering kesulitan mencernanya. Sedangkan proses pencernaan lemak akan menghasilkan gas yang akan membuat kondisi perut bayi Anda semakin parah.

Cara lainnya dengan mengganti jenis susu formula yang diberikan. Biasanya ketidakcocokkan pada kandungan susu tersebut juga bisa mengakibatkan perut kembung pada bayi Anda. Pastikan saat membeli susu formula, Anda memeriksa komposisi susu dan tanggal kedaluwarsanya. Namun pemberian ASI dari usia 0 hingga 2 tahun tetaplah menjadi pilihan yang terbaik.

3. Menepuk atau Mengusap dengan Lembut Punggung Bayi

Gendong bayi Anda dengan posisi sedikit tegak lalu tepuk ringan pada bagian punggung. Atau letakkan bayi di kedua paha Anda dengan posisi telungkup kemudian usap punggungnya secara perlahan dan hati-hati. Lakukan cara ini selama satu sampai dua menit hingga bayi mengeluarkan sendawa.

4. Lakukan Pijatan Secara Perlahan di Bagian Perut

Berikan pijatan secara perlahan pada perut bayi Anda dengan gerakan searah jarum jam yang dilakukan dengan posisi tidur. Bisa juga dengan cara menggosok perut bayi dari punggung ke arah pusar dengan tekanan yang sangat lembut. Gunakan juga minyak telon saat menggosoknya sehingga memberikan kehangatan pada tubuh bayi Anda. 


5. Memanfaatkan Air Hangat untuk Menghilangkan Kembung

Air hangat akan membantu perut bayi menjadi lebih nyaman. Maka dari itu Anda bisa mengatasi kembung pada bayi dengan cara memandikannya menggunakan air hangat yang dilakukan pada malam hari. Bisa juga dilakukan dengan mengompres bagian perut bayi Anda menggunakan air hangat.

Bagi bayi Anda yang berusia lebih dari enam bulan, Anda bisa memberikannya minum dengan  air hangat. Karena air hangat yang masuk ke usus halus dapat mendorong gas yang ada di dalam perut keluar melalui kentut. 

Anda sebagai seorang ibu perlu memiliki ketelitian dan pengetahuan dalam merawat bayi. Salah satunya ialah pengetahuan tentang bagaimana cara mengatasi perut kembung pada bayi dan Anda juga harus menghindari hal-hal yang menyebabkan terjadinya kembung. Sebab pola asuh yang Anda berikan akan memberikan dampak bagi bayi Anda.

0 komentar:

Posting Komentar