Senin, 25 Desember 2017

5 Bahan Makanan yang Bisa Atasi Anemia pada Ibu Hamil

Beltrakuten - Ibu hamil rentan sekali terkena anemia. Anemia saat hamil bisa jadi sangat berbahaya karena bisa menghambat perkembangan janin serta membuat Anda mengalami banyak penyakit seperti sakit kepala, kram dan lainnya. Untuk mencegahnya, di bawah ini ada 5 bahan makanan yang bisa Anda buat jadi apa saja.


1. Brokoli

Brokoli adalah sayuran hijau yang sangat baik dikonsumsi selama masa kehamilan karena mengandung banyak vitamin, zat besi serta asam folat yang dibutuhkan janin Anda. Selain itu, brokoli juga bisa mendorong terbentuknya hemoglobin lebih cepat.


Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengolah brokoli menjadi makanan yang sehat seperti membuatnya menjadi tumis. Anda bisa mencampurkannya dengan udang, bakso dan beberapa jenis sayuran lain seperti wortel atau kubis. Masak hingga matang dan beri bumbu. Sayur sehat pun sudah siap disantap.

2. Daging Merah

Ada sebagian orang yang berpendapat bahwa daging merah tak baik untuk kesehatan janin. Faktanya, daging merah kaya akan zat besi yang bisa memerangi anemia selama masa kehamilan. Selain itu sumber zat besi hewani ini juga sangat mudah diserap tubuh.


Untuk mengolahnya, Anda bisa membuatnya menjadi banyak makanan seperti rendang, sate ataupun bakso. Pastikan daging merah matang dengan sempurna agar tetap baik bagi kandungan Anda, ya! Oh ya, bila Anda mengalami alergi, segera periksa ke dokter kandungan, ya! Takutnya ada masalah nantinya!

3. Kerang

Bahan makanan selanjutnya yang sangat bagus untuk memerangi anemia adalah kerang. Kerang adalah jenis makanan laut yang sangat kaya zat besi. Anda bisa memasukkannya ke menu harian Anda selama masa kehamilan dan dijamin bermanfaat. Namun, sebelumnya, pastikan dulu kerang tersebut tidak tercemar limbah, ya! Bisa bahaya nanti kalau tercemar.


Cara mengolahnya, Anda bisa merebusnya lalu mengeluarkannya dari cangkang. Setelah itu, mau ditumis, direndang, disambel, dibuat apapun enak. Bila Anda suka kerang rebus saja, itupun sudah cukup enak, kok!

4. Bayam

Satu lagi sayuran hijau yang sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah anemia saat hamil. Sayuran tersebut adalah bayam. Bayam juga dikenal kaya akan zat besi yang mampu mengurangi masalah anemia Anda. Selain itu, bayam ternyata juga mengandung banyak asam folat yang bermanfaat untuk perkembangan janin.


Ada banyak cara mengolah bayam ini. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan membuat bening bayam. Anda hanya tinggal membersihkannya dari batang dan kotoran lalu direbus dan beri penyedap rasa. Jika Anda mau menambahkan beberapa sayur lain seperti jagung muda atau tahu pada rebusan, juga tak masalah. Rasanya tetap enak, kok!

Nah, bila Anda ingin membuatnya menjadi cemilan, Anda bisa menjadikannya kue. Caranya, Anda tinggal memotong halus daun bayam dan campurkan dengan adonan yang terdiri dari tepung terigu, telur, garam dan gula. Setelah itu kukus. Bila sudah matang, angkat dan potong-potong. Setelah itu goreng lagi menggunakan tepung roti. Camilan sehat pun selesai,

5. Pisang

Bagi Anda pecinta buah, pasti tak asing dengan yang namanya pisang, kan? Nah, buah ini ternyata juga bisa menjadi alat pembasmi anemia pada ibu hamil. Makan pisang setiap pagi saat sarapan bisa jadi cara yang tepat untuk mencegah anemia selama masa kehamilan.


Namun, tak hanya bisa dimakan langsung. Anda juga bisa mengolahnya menjadi berbagai macam olahan yang nikmat seperti pisang crispy atau lepet pisang. Cara membuat lepet pisang sangat mudah. Anda hanya perlu memblendernya lalu dicampur dengan tepung beras serta santan, gula dan sedikit garam. Setelah itu rebus hingga matang.

Itulah beberapa bahan makanan yang baik untuk mencegah anemia pada ibu hamil serta resepnya. Anda bisa menerapkannya sendiri di rumah atau malah mencoba resep yang lain. Pastikan Anda periksa ke dokter kandungan secara rutin untuk mengetahui kemungkinan penyakit yang mengintai Anda. Tentunya agar Anda dan si bayi sehat selalu.

0 komentar:

Posting Komentar