Minggu, 15 Oktober 2017

Langkah-Langkah Membangun Rumah Sendiri

Source : underfloorinspections.co.nz

Menentukan antara membeli rumah atau membangun rumah sendiri merupakan pilihan yang perlu dipertimbangkan secara matang. Walaupun saat ini telah banyak dikembangkan perumahan siap huni. Namun tak sedikit orang yang berkeinginan untuk membangun rumahnya sendiri. Bagi kebanyakan orang, membangun rumah sendiri merupakan impian bagi mereka. Anda bisa menuangkan ide-ide kreatif Anda dalam mendesain sendiri rumah tersebut sesuai keinginan. 

Membangun rumah sendiri bukanlah hal yang mudah dan murah. Seringkali keinginan membangun rumah dihadapkan pada berbagai macam kendala. Salah satunya Anda merasa sulit atau bingung dalam menyusun perencanaan untuk membangun rumah Anda. Nah, untuk itu ada beberapa hal nih yang perlu Anda perhatikan sebelum membangun rumah sendiri, diantaranya: 

  • Lokasi
Setiap orang tentu menginginkan lokasi rumah yang strategis dan sesuai dengan keinginannya. Ketika Anda sudah berencana ingin membangun sebuah rumah, temukan lokasi yang sesuai dengan keinginan Anda. Faktor lokasi sangat berpengaruh besar terhadap biaya yang perlu disiapkan untuk membuat rumah. Semakin strategis maka semakin tinggi pula biaya yang harus dipersiapkan. Memilih lokasi yang tepat maka akan menjadi sangat menyenangkan untuk ditempati. 

Salah satu caranya yaitu dengan melihat apakah lokasi tersebut mudah diakses atau tidak, bagaimana jaraknya dengan fasilitas umum, apakah daerah tersebut aman atau tidak? Perhatikan hal-hal kecil yang sering dianggap sepele, seperti dalam menentukan lokasi perlu diperhatikan juga tanah yang tepat. Tentukan ukuran luas tanah sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin membangun rumah dengan ukuran bangunan yang luas maka pilih tanah yang berukuran besar. 

  • Desain
Sebelum memulai pembangunan, persiapkan desain rancangan yang Anda inginkan. Sertakan juga gambar kerja secara rinci untuk memudahkan pekerja yang akan mengerjakan pembangunan rumah Anda. Dalam membuat desain yang sesuai dengan keinginan Anda, Anda bisa menggunakan bantuan dari jasa konsultan arsitektur. Jika tidak, Anda bisa menggunakan bantuan dari berbagai informasi baik dari buku, internet maupun hasil diskusi dengan pakar yang ahli dalam bidang desain untuk rumah tinggal.

Sebelum menentukan desain rumah yang sesuai dengan keinginan Anda, ada baiknya Anda mencari inspirasi desain melalui berbagai macam media yang ada seperti majalah, buku atau internet. Jika dirasa masih kurang, Anda juga bisa mengunjungi pameran-pameran properti yang ada di sekitar Anda. Namun yang terpenting dari itu, pertimbangkanlah bersama dengan keluarga. Kenyamanan sebuah rumah tidak hanya dirasakan oleh Anda melainkan semua anggota yang ada di dalamnya. 

  • Biaya
Anggaran merupakan hal terpenting yang perlu diperhatikan ketika ingin membangun sebuah rumah. Buatlah perencanaan biaya membangun rumah yang sesuai dengan budget. Dari rancangan anggaran tersebut Anda bisa mengetahui berapa perkiraan biaya untuk jasa desain, ongkos tukang, bahan material, peralatan, biaya izin membangun rumah, instalasi listrik, air dan juga pembuangan air limbah. Dari perencanaan biaya yang sudah Anda buat, Anda bisa mengetahui berapa anggaran yang dibutuhkan untuk membangun rumah sendiri. 

Setelah Anda mengetahui kisaran biaya yang diperlukan, tentu Anda harus memikirkan darimana biaya itu bisa didapatkan. Bisa menggunakan tabungan yang sudah terkumpul atau melakukan pinjaman ke bank melalui fasilitas kredit yang ada atau bahkan meminjam dari saudara. Banyak cara yang dapat digunakan untuk menghemat biaya pengeluaran membangun rumah, namun ada baiknya tidak disarankan untuk mengutang. 

  • Material bangunan
Membangun sebuah rumah yang akan menjadi tempat tinggal Anda bersama keluarga bukan hanya sekadar membangun. Bangunan rumah memerlukan sebuah fondasi yang dibuat dari material yang berkualitas. Material yang digunakan nantinya merupakan investasi jangka panjang yang perlu Anda pertimbangkan. Anda perlu memperhatikan harga dan kualitas material dari bahan bangunan yang akan Anda gunakan. Hal ini penting karena kualitas bahan material yang akan Anda gunakan nantinya akan berpengaruh terhadap perawatan rumah Anda selanjutnya. 

Bahan material memang penting sebagai fondasi rumah Anda. Nah, bagi Anda yang ingin menghemat biaya pengeluaran bisa menggunakan bahan material bekas seperti misalnya kayu bekas. Bekas bukan berarti tidak berkualitas lho! Selain itu, Anda juga bisa melakukan sedikit riset mengenai bahan material yang awet dan murah seperti jenis-jenis cat yang berkualitas bagus tetapi harganya murah. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi pusat perbelanjaan bahan bangunan yang ada di sekitar Anda. Jika ada program diskon, manfaatkan program diskon tersebut. 

  • Tukang
Dalam mewujudkan tempat tinggal untuk hunian Anda yang nyaman tentu perlu seseorang yang membantu memvisualisasikan ide Anda, yaitu jasa tukang bangunan. Dalam mencari tukang yang akan dipekerjakan sebaiknya memilih yang handal dan murah biayanya. Namun, perlu diperhatikan juga mencari pekerja yang berkualitas, terpercaya dan profesional. Jika Anda mengerti seputar bangunan, Anda bisa menggunakan tukang bangunan harian yang biayanya lebih murah dibanding tukang bangunan borongan. 

Demikian beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membangun rumah sendiri. Dengan memperhatikan beberapa hal diatas, saatnya Anda menjalankan proyek pembangunan rumah impian Anda. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar